Rekomendasi Rumah Makan Khas Sumbawa

Baca Juga

Halo kawan-kawan Tau Samawa khususnya yang ada di Mataram saya ada informasi buat kawan-kawan... Sebelumnya saya selaku admin Jelajah Sumbawa online mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1433 H semoga ibadah kita Ramadhan kali ini lebih baik, lebih top dibanding sebelumnya dan harus full sebulan yah!

Sepat Ikan Bakar (sumber : google)
Jauh dari Tana' Samawa memang selalu bikin kangen. Apalagi suasana Ramadhan seperti ini rasanya ingin segera menyambangi Tana' Bulaeng kita. Belum lagi kangen masakan-masakan khas Ramadhan-nya yang tidak jauh-jauh dari rasa manis dan asam. Ya bisa di tebak, masakan itu adalah sepat, singang, gecok, jembrai kele, masin, dan lain-lain. Mau masak sendiri belum tentu ada waktu. Jangan sampai punya niat minta di kirimkan dari Sumbawa ya, karena percuma sampai ke tangan kamu sudah pasti tidak enak lagi. Siapa orang Sumbawa Asli yang tidak pernah menikmati Sepat atau Singang? haaha gak ada sepertinya.


Singang, Masakan Khas Sumbawa
Saya yang kebetulan sedang di kota mataram punya rekomendasi tempat untuk melepas kerinduan kawan-kawan masakan Sumbawa. Di tempat ini kawan-kawan bisa melepas rindu dengan Singang, Sepat dan lain-lain. Rasanya sudah pasti enak karena yang masak adalah tangan-tangan asli Sumbawa. Nama tempatnya "Gandys Brigita" beralamat di Jl. Swakarya No. 42 kekalik - Mataram. Sebelumnya saya juga pernah mencoba masakan Sumbawa di tempat lain tapi tidak pas sama lidah, karena ternyata yang membuatnya bukan orang asli Sumbawa, mereka hanya memanfaatkan peluang pasar yaitu mahasiswa dan pelajar Sumbawa di Kota ini. Lalu mereka mempelajari resep dan mencoba membuatnya. Usaha yang bagus tapi saya lebih suka di Gandys Brigita. 


Saat kesana saya langsung di sambut dengan senyum sang pemilik tempat dengan ramah dalam bahasa Sumbawa. Yah dia bisa menebak saya dari mana tentu saja karena plat kendaraan saya EA. saya dipersilahkan duduk dan menunggu sepatnya diracik. Lebih kurang 10 menit Sepatpun jadi dengan Ikan laut segar nan menggoda. Jika ingin menikmatinya di rumah kawan-kawan bisa meminta untuk di bungkus. Tenang saja tidak akan berantakan Sepatnya dalam bungkusan karena Air, Bumbu dan Ikan dikemas dalam keadaan terpisah. Sedaaaap...




Jadi, jika pengen menu buka puasa kamu sama seperti di rumah silahkan langsung ke te ka pe. Sayangnya warung makanan khas Sumbawa tidak buka saat sahur jadi jika ingin menu sahur kalian tetap singang atau sepat saya sarankan untuk membelinya sejak sore atau malam.

Oke, demikian sedikit info dari admin. Kawan-kawan ada rekomendasi tempat lain di luar kota Sumbawa yang menyediakan khas Sumbawa? ayo kita bagi disini agar kawan-kawan yang lain bisa tahu.

Indahnya Berbagi...
Share:

5 komentar:

  1. Mantap Jie! suka banged :)

    BalasHapus
  2. "Sepat" lover, salam kompak!
    http://referensicatur.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. Hhhmmmmm...makanan kesukaan sy dean..sepat dan singang...hhhmmmmmm (y)

    BalasHapus
  4. Sepat nya foto sy itu...sepat pantai maluk sumbawa barat

    BalasHapus