Keunikan dan Misteri di Gua Liang Petang

Baca Juga

AyokeSumbawa. Gua unik dan bersejarah ini terletak di punggung sebuah gunung dalam hutan yang berlokasi cukup jauh dari desa Batu Tering Kecamatan Moyo Hulu kabupaten Sumbawa. Untuk menuju lokasi, kita bisa menggunakan sepeda motor dari desa Batu Tering, kemudian berjalan kaki melewati sebuah sungai kecil indah bernama TIU SEKAT (Sungai yang sempit) karena diapit tebing batu cadas, airnya berwarna hijau berkilau, sungai tersebut akan menggoda anda untuk terjun merasakan kesejukannya sebelum kemudian menembus hutan selama kurang lebih 25 menit untuk sampai di pintu gua. 

Gua ini sangat gelap, karena itu penduduk lokal disana menamakannya LIANG PETANG yang jika diartikan secara bebas, sama dengan GUA MALAM. Mulut gua tidak terlalu besar, untuk memasukinya kita harus melewati sebuah titian kecil yang terbuat dari beberapa batang kayu.

Ruangan didalam gua cukup luas, berbagai keunikan mulai tampak tatkala kita berada didalamnya. bentuk- bentuk stalagnit yang menempel di langit-langit gua menambah kesan tersendiri.
 
Sekat-River

BATU-MAYATDSC01516
 
Hal menarik pertama yang akan kita lihat adalah BATU MAYAT.  Entah terbentuk karena proses alam atau memang ada unsur sejarahnya,, yang jelas ini adalah batu yang menyerupai jasad dua orang manusia terbaring berdampingan dibawah langit-langit gua.

Saat pertama kali kami memasuki gua ini tahun 2009, Batu Mayat  ini masih tampak jelas bentuknya, namun karena kurang perhatian, beberapa tahun kemudian bentuknya mulai kurang jelas karena terkikis rembesan air dari langit-langit gua.
 
 
Ruang-Tapa

Ruang Pertapaan dan ALANG

Di ruang lainnya terdapat sebuah tempat khusus untuk bertapa, dan yang satu ini adalah peninggalan para leluhur yang konon sempat bertempat tinggal di dalam gua ini. Berdasarkan cerita Rakyat di Batu Tering, bahwa zaman dahulu, pernah ada seorang ulama dan beberapa pengikutnya yang hidup di dalam gua Liang Petang.

Tidak jauh dari ruang pertapaan, ada sebuah kolam kecil dari mata air, dahulu kala masyarakat lokal bisanya datang ke tempat ini untuk sekedar membayar nazar. beberapa meter di samping mata air tersebut sebuah batang bambu melintang di dinding gua,  batang bambu tersebut digunakan sebagai alat bantu untuk menuju ke sebuah ruangan lainnya yang berada cukup tinggi dari lantai gua. tempat tersebut oleh penduduk lokal dinamakan “ALANG”. Konon diatas sana terdapat beberapa peninggalan unik, menurut cerita rakyat lokal disana, di ALANG gua LIANG PETANG kita bisa melihat patung perempuan yang sedang menenun. Wallahualam!!, tidak semua pemandu dari desa yang memiliki nyali untuk menuju ruangan tersebut, termasuk kami, he he..

Kamar-misteri2Lorong Misteri

Didalam gua ini ada sebuah lorong yang akan mengantar kita menuju Perut Bumi, penduduk lokal menamakannya “KAMAR”, konon, untuk memasuki ruang tersebut harus ada ritual adat terlebih dahulu, dan.. tidak semua penduduk lokal memiliki nyali untuk turun kesana. jangan tanya aku ada apa disana, dan seperti apa rupanya, karena aku juga penasaran

Di sebuah lorong menuju ruangan tersebut, beberapa Stalagnit terlihat unik dan aneh, karena menyerupai wajah-wajah monster dalam cerita horor.

Hingga detik ini, KAMAR dalam LIANG PETANG masih merupakan sebuah tempat yang menyimpan berjuta misteri yang meninggalkan rasa penasaran begitu besar bagi siapa saja yang pernah memasuki gua ini, termasuk aku….

Butuh para ahli-ahli tentang gua sekaligus mereka yang memiliki pengalaman dan pengetahuan serta bernyali besar untuk menguak misteri yang terdapat di LIANG PETANG
 
Tertarik..?? ayoo ke Sumbawa..!!onion-emoticons-set-2-59

postingan banner photo BannerPosting_zps207aaa96.png

Share:
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar